Contoh Soal USBN Pendidikan Agama Katolik
BANK SOAL
UJIAN
SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
(USBN)
MATA
PELAJARAN:
PENDIDIKAN
AGAMA KATOLIK DAN BUDI PEKERTI
TINGKAT
SMA / SMK
KURIKULUM
2013
|
Soal
Pilihan Ganda:
1.
|
Injil
Matius 25:14-30 mengisahkan perumpamaan tentang talenta. Penerapan yang benar
dari makna perumpamaan di atas dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
|
|
A.
|
mengembangkan
talenta saya seadanya dengan bantuan orang lain
|
|
B.
|
mengembangkan
talenta yang ada, asal ada motivasi dari orang lain
|
|
C.
|
mengembangkan
dengan sungguh-sungguh talenta yang diberikan Tuhan
|
|
D.
|
mempertanyakan
mengapa talenta yang diberikan tidak sama
|
|
E.
|
bersyukur apabila berhasil mengembangkan talenta
|
2.
|
Bacalah berita
berikut ini:
|
|
Adat menempatkan perempuan adalah ibu yang memberikan segala-galanya.
Sementara pria adalah kepala rumah tangga yang diidentikkan dengan seorang
kepala perang, penguasa atas keluarga.
Direktris Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak- anak
(LP3A), Dra. Selfi Sanggenafa mengatakan, adat tidak mengajarkan kekerasan
suami terhadap perempuan. Tetapi, kondisi yang dibangun melalui sistem adat
tradisional telah memosisikan perempuan di bawah tekanan dan kekerasan suami.
|
||
Berita di atas menunjukkan
bahwa perempuan masih mengalami diskriminasi sosial. Sikap yang tepat seorang
anak dalam keluarga untuk menghindari
tindakan diskriminasi ialah…
|
||
A.
|
mengambil bagian dalam
pekerjaan rumah tangga sehari-hari
|
|
B.
|
Memilih-milih pekerjaan rumah
tangga yang lebih mudah dilakukan
|
|
C.
|
menyuruh kakak atau adik untuk
menyelesaikan pekerjaannya
|
|
D.
|
rajin membaca Kitab Suci dan mengikuti Ekaristi
|
|
E.
|
membantah nasehat orangtua
|
3.
|
Arti suara hati menurut Gaudium et Spes art.16
adalah...
|
|
A.
|
keinsafan akan adanya kewajiban
|
|
B.
|
pedoman untuk menilai tindakan manusia
|
|
C.
|
penerapan kesadaran moral yang timbul dan tumbuh dalam hati manusia
|
|
D.
|
inti manusia yang paling rahasia karena suara Allah menggema dalam
hatinya
|
|
E.
|
penerapan kesadaran dalam situasi konkrit yang menilai tindakan manusia
baik dan buruk
|
4.
|
Berikut
ini adalah contoh berbagai macam tindakan terhadap penggunaan teknologi:
|
||
1.
|
Bertanggungjawab
terhadap penggunaannya
|
||
2
|
Digunakan
untuk mendapatkan keuntungan pribadi
|
||
3.
|
Membeli
yang paling mahal
|
||
4.
|
Mendapatkan
informasi yang dibutuhkan
|
||
5.
|
Berusaha
menggunakan untuk kepentingan pelayanan
|
||
Tindakan yang benar terhadap
penggunaan teknologi media ditunjukkan dengan kelompok nomor…
|
|||
A.
|
1,
2, dan 3
|
||
B.
|
1,
2, dan 4
|
||
C.
|
1,
4, dan 5
|
||
D.
|
2,
4, dan 5
|
||
E.
|
3,
4, dan 5
|
||
5.
|
Injil
Matius, Markus, Lukas termasuk dalam kelompok Injil Sinoptik. Sinoptik
berarti…
|
|
A.
|
memiliki kisah yang berbeda
tentang hidup dan karya Yesus
|
|
B.
|
menulis kisah yang sama atau
hampir mirip tentang Yesus
|
|
C.
|
ditulis untuk kelompok umat
yang sama
|
|
D.
|
latar belakang pekerjaan
penulis yang sama
|
|
E.
|
ditulis dalam waktu yang
berbeda-beda
|
6.
|
Paham
Kerajaan Allah menurut Yesus menitik beratkan pada….
|
|
A.
|
kedatangan
penghakiman Allah
|
|
B.
|
usaha
membebaskan diri dari penjajah
|
|
C.
|
persiapan
menjelang kemerdekaan Israel
|
|
D.
|
penegakkan
hukum Taurat dengan benar
|
|
E.
|
kabar
baik kepada orang miskin dan terpinggirkan
|
7.
|
Kerajaan Allah
menurut pandangan para Nabi adalah…
|
|
A.
|
datangnya akhir zaman untuk
munculnya zaman baru yang lebih baik
|
|
B.
|
terbebasnya Bangsa Israel dari
penindasan kaum penjajah
|
|
C.
|
Allah yang menjadi raja Bangsa
Israel
|
|
D.
|
manusia akan menerima Kerajaan
Allah jika bertobat
|
|
E.
|
semua pengikut Kristus akan
mengalami Kerajaan Allah
|
8.
|
Paham Kerajaan Allah yang
diwartakan oleh Yesus adalah berkaitan dengan situasi…
|
|
A.
|
A.
ketika manusia dipanggil Tuhan
|
|
B.
|
datangnya penghakiman Allah bagi
dunia
|
|
C.
|
Allah yang merajai hidup
manusia
|
|
D.
|
saat
bangsa Israel dibebaskan dari penjajah Romawi.
|
|
E.
|
ketika seseorang melaksanakan
Hukum Taurat dengan benar
|
9.
|
Salah
satu dari buah-buah roh menurut Galatia 5:16-26 adalah kasih. Penerapan kasih yang tepat dalam hidup
sehari-hari adalah ….
|
|
A.
|
membantu
sesama yang miskin semampu kita
|
|
B.
|
mendoakan
orang yang berbuat baik kepada kita
|
|
C.
|
membantu
orang yang pernah berbuat baik kepada kita
|
|
D.
|
membantu
hanya saudara kandung yang miskin
|
|
E.
|
membentuk
yayasan dana papa miskin
|
10.
|
Alasan Gereja Katolik
membuat rumusan doa Syahadat para rasul adalah…
|
|
A.
|
merupakan doa yang sangat
dihormati oleh Gereja
|
|
B.
|
merupakan doa resmi Gereja
sejak Gereja perdana
|
|
C.
|
mempunyai kedudukan yang
tertinggi dalam hidup Gereja
|
|
D.
|
merupakan hasil karya para
rasul yang sangat bersejarah
|
|
E.
|
merupakan rangkuman iman para
rasul yang diwariskan kepada kita
|
11.
|
Perhatikan
gambar-gambar ini:
|
|||||
Gambar
1
|
Gambar
2
|
Gambar
3
|
Gambar
4
|
Gambar
5
|
||
Gambar yang menjadi simbol turunnya Roh Kudus
pada hari Pentakosta adalah...
|
||||||
A.
|
gambar 1
|
|||||
B.
|
gambar 2
|
|||||
C.
|
gambar 3
|
|||||
D.
|
gambar 4
|
|||||
E.
|
gambar 5
|
|||||
12.
|
Pengertian
Gereja Umat Allah terungkap dalam pernyataan ini….
|
|
A.
|
Organisasi keagamaan dengan
pemimpin tertinggi di Vatikan, Roma
|
|
B.
|
Kumpulan orang yang dipilih dan
dikhususkan Allah untuk diselamatkan
|
|
C.
|
Gereja berarti seluruh umat
beriman, baik awam atau hierarki
|
|
D.
|
Gereja merupakan rumah Allah,
tempat beribadat, misa, atau merayakan ekaristi
|
|
E.
|
Lembaga surgawi yang mengatur
dan menyelenggarakan ibadat-ibadat pada Allah Yang Mahabaik
|
13.
|
Salah
satu contoh misi utama gereja sebagai umat Allah di dunia adalah ….
|
|
A.
|
mewartakan
Injil di tengah-tengah umat Katolik
|
|
B.
|
menjadi
saksi Kristus di tengah masyarakat
|
|
C.
|
menjadi
garam dan terang dunia bagi orang miskin
|
|
D.
|
menjadi
pelayan sabda di gereja dan komunitas Kristiani saja
|
|
E.
|
mewartakan kabar gembira bagi yang mau mendengarkan
|
14.
|
Struktur
Hierarki dalam Gereja Katolik yang satu tingkat lebih rendah dari Uskup
adalah….
|
|
A.
|
Paus
|
|
B.
|
Kardinal
|
|
C.
|
Bruder
|
|
D.
|
Imam
|
|
E.
|
Diakon
|
15.
|
Menurut Kitab Hukum Kanonik No. 273 - Klerikus terikat kewajiban khusus
untuk menyatakan hormat dan ketaatan kepada Paus dan Ordinaris Wilayah
masing-masing.
Alasan Pastor
paroki harus mentaati Uskupnya dalam pelaksanaan tugas pelayanan di Paroik
menurut kutipan di atas adalah…
|
|
A.
|
jabatan Pastor Paroki lebih
rendah dari jabatan Uskup
|
|
B.
|
Uskup adalah pimpinan Gereja
lokal tempat Pastor Paroki berkarya
|
|
C.
|
Pastor Paroki adalah imam yang berpartisipasi dalam
imamat Uskup
|
|
D.
|
Pastor Paroki bersama diakon
adalah pelayan Bapak Uskup
|
|
E.
|
Pelayanan pastoral di paroki
harus sepengetahuan Uskup
|
16.
|
Berikut
contoh tugas seorang awam sebagai nabi adalah ….
|
|
A.
|
Andre
membantu mengajar sekolah minggu di lingkungannya
|
|
B.
|
Santi
berkotbah di setiap ada orang berkumpul
|
|
C.
|
Broto
selalu membacakan Kitab Suci di mana ada orang berkumpul
|
|
D.
|
Narto
menjadi prodiakon di gereja paroki
|
|
E.
|
Bayu
menjadi anggota Legio Mariae
|
17.
|
Menurut Kitab Hukum Kanonik Nomor 290 - Tahbisan suci, sekali diterima dengan sah, tak pernah menjadi
tidak-sah. Tetapi seorang klerikus
kehilangan status klerikal:
10 dengan putusan pengadilan atau dekret administratif yang
me-nyatakan tidak-sahnya tahbisan suci;
20 oleh hukuman pemecatan yang dijatuhkan secara legitim;
30 oleh reskrip Takhta Apostolik; tetapi reskrip itu diberikan
oleh Takhta Apostolik bagi para diakon hanya karena alasan-alasan yang berat
dan bagi para imam hanya karena alasan-alasan yang sangat berat.
Warga Gereja yang tidak tertahbis adalah…
|
|
A.
|
Paus
|
|
B.
|
Uskup
|
|
C.
|
Imam
|
|
D.
|
Suster
|
|
E.
|
Diakon
|
18.
|
Sewaktu ulangan
disekolah, Maria tidak bersedia mengikuti teman-temanya yang menyontek.
Tindakan Maria ini merupakan pengamalan tugas Gereja dalam bidang…
|
|
A.
|
Liturgia
|
|
B.
|
Koinonia
|
|
C.
|
Martyria
|
|
D.
|
Diakonia
|
|
E.
|
Kerygma
|
19.
|
Seseorang
yang sudah dikuduskan melalui pembaptisan memiliki tugas dan tanggung jawab.
Salah satu tugas dan tanggungjawab tersebut adalah ….
|
|
A.
|
menjadi
pewarta Injil dalam kehidupan sehari-hari dengan perbuatan jujur
|
|
B.
|
memilih
hidup sebagai seorang imam atau biarawati yang tinggal dalam komunitas
|
|
C.
|
menjadi
aktivis gereja yang menyuarakan kebenaran dan keadilan
|
|
D.
|
melaksanakan
aturan dan doktrin gereja secara ketat tanpa kompromi
|
|
E.
|
patuh
dan taat pada pemimpin gereja sebagai wakil Kristus di dunia
|
20.
|
Tugas Gereja
yang menguduskan diwujudkan dalam bentuk sakramen. Sakramen yang mendewasakan
iman umat adalah Sakramen…
|
|
A.
|
Baptis
|
|
B.
|
Ekaristi
|
|
C.
|
Krisma
|
|
D.
|
Tobat
|
|
E.
|
Imamat
|
21.
|
Konsekwensi
sebagai murid Kristus adalah berani menjadi saksi seperti…
|
|
A.
|
siap dipecat dari tempat kerja
demi pengabdian di Gereja
|
|
B.
|
orang Katolik siap berperan
dalam masyarakat di sekitarnya
|
|
C.
|
meninggalkan keluarga untuk
pelayanan di Gereja
|
|
D.
|
berani menerima ancaman demi imannya akan Kristus
|
|
E.
|
siap menghadapi atasan yang
berbeda pendapat
|
22.
|
Pernyataan
berikut ini yang bertentangan dengan sikap Gereja terhadap dunia adalah…
|
|
A.
|
Gereja sebagai sakramen bagi
dunia
|
|
B.
|
Gereja merupakan mitra dialog
dengan dunia
|
|
C.
|
Gereja menghormati otonomi
dunia
|
|
D.
|
Gereja menjadi penguasa dunia
|
|
E.
|
Gereja menghargai perkembangan
dunia
|
23.
|
Paus Leo XIII
mengeluarkan sebuah dokumen ajaran sosial Gereja tentang keprihatinan terhadap nasib kaum
buruh. Dokumen tersebut adalah…
|
|
A.
|
Rerum Novarum
|
|
B.
|
Quadragesimo Anno
|
|
C.
|
Mater et Magistra
|
|
D.
|
Pacem in Terris
|
|
E.
|
Popularum Progresio
|
24.
|
Tindakan
yang dilakukan Gereja Katolik untuk mewujudkan perdamaian dunia adalah ….
|
|
A.
|
mendukung
paham liberalis
|
|
B.
|
melaksanakan
Ajaran Sosial Gereja
|
|
C.
|
menafsirkan
dokumen gereja
|
|
D.
|
berpihak
pada negara berkembang
|
|
E.
|
menegakkan paham kapitalis
|
25.
|
Contoh tindakkan
menghargai hidup dalam kehidupan sehari-hari misalnya...
|
|
A.
|
menghisap rokok
|
|
B.
|
kebut-kebutaan di jalan
|
|
C.
|
mengkonsumsi obat-obatan
terlarang
|
|
D.
|
membersihkan lingkungan sekolah
|
|
E.
|
membuang sampah di sungai
|
26.
|
Contoh
tindakan yang melanggar perintah Allah yang ke- 5 adalah…
|
|
A.
|
Tidak pergi ke Gereja pada Hari
Minggu
|
|
B.
|
Melawan nasehat orangtua
|
|
C.
|
Mencuri barang milik orang lain
|
|
D.
|
Berbohong terhadap guru
|
|
E.
|
Pengguguran kandungan secara
sengaja
|
27.
|
Alasan Gereja
Katolik menentang tindakan Abortus Provocatus adalah…
|
|
A.
|
janin merupakan buah cinta
suami istri
|
|
B.
|
manusia adalah makhluk indivudu
dan mampu hidup sendiri
|
|
C.
|
bayi adalah hadiah cuma-cuma
dari Sang Pencipta
|
|
D.
|
kehidupan manusia telah ada
sejak saat pembuahan
|
|
E.
|
anak adalah generasi penerus
orang tua, bangsa dan gereja
|
28.
|
Perhatikan
pandangan tentang tujuan perkawinan berikut ini:
|
||
Tujuan
Perkawinan menurut
Kitab Hukum
Kanonik
|
Tujuan
Perkawinan Menurut UU No. 1 Tahun 1974
|
||
1.
Kesejahteraan
suami istri
2.
Kelahiran
dan pendidikan anak
|
1.
Membentuk
keluarga yang bahagia
2.
Memelihara
dan mendidik anak
|
||
Kejadian atau
perbuatan yang mendukung terwujudnya tujuan perkawinan seperti tersebut dalam
tabel di atas misalnya…
|
|||
A.
|
kekerasan dalam rumah tangga
|
||
B.
|
orangtua memantau pergaulan
anak-anaknya
|
||
C.
|
menggugurkan kandungan karena
sudah memiliki banyak anak
|
||
D.
|
anak menuntut orangtua memenuhi
segala keinginannnya
|
||
E.
|
anggota keluarga mengandalkan pengaruh jabatan orangtua
|
||
29.
|
Dasar utama
perkawinan Katolik menurut Kitab Hukum Kanonik 1055 adalah…
|
|
A.
|
perjanjian cinta antara seorang
laki laki dan seorang perempuan untuk membentuk persekutuan seluruh hidup
|
|
B.
|
panggilan hidup bagi sebagian
besar umat manusia untuk mengatasi batas-batas egoisme
|
|
C.
|
ikatan lahir-batin antara
seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami-istri dengan tujuan
membentuk keluarga yang berbahagia dan kekal
|
|
D.
|
kesejahteraan lahir batin suami
istri, artinya; suami dan istri secara bersama-sama dan bukan kesejahteraan
pribadi salah satu pasangan
|
|
E.
|
hanya satu laki-laki untuk satu
perempuan sampai kematian memisahkan mereka
|
30.
|
Perkawinan
menyangkut hidup dua insan secara menyeluruh. Berdasarkan pernyataan tersebut
maka tujuan perkawinan menurut Gereja Katolik adalah….
|
|
A.
|
membantu satu sama lain dalam
perjalanan hidup menuju kebahagiaan
|
|
B.
|
bekerja sama untuk mendapatkan
nafkah yang lebih banyak
|
|
C.
|
bersatu untuk memperoleh
keturunan
|
|
D.
|
bersama-sama memperoleh
kepuasan seksual
|
|
E.
|
untuk mendapatkan warisan dari pasangan
|
31.
|
Istri Bapak
Romeo sedang mengidap kanker stadium empat. Karena penyakitnya itu, ia
meminta suaminya untuk menikah lagi. Jika Bapak Romeo menyetujui permintaan
istrinya maka tindakan Bapak Romeo bertentangan dengan sifat perkawinan
Gereja Katolik yang disebut…
|
|
A.
|
foedus
|
|
B.
|
poligam
|
|
C.
|
monogam
|
|
D.
|
consortium
|
|
E.
|
indissolubilitas
|
32.
|
Dalam
perkawinan, suami adalah tanda kehadiran Allah untuk mencintai sang istri dan
istri menjadi tanda cinta dan kebaikan Allah bagi sang suami. Pernyataan tersebut
menunjukkan makna perkawinan Katolik sebagai….
|
|
A.
|
berkat
|
|
B.
|
sakramen
|
|
C.
|
kewajiban
|
|
D.
|
pengabdian
|
|
E.
|
tujuan hidup
|
33.
|
Biarawan atau biarawati
melepaskan diri dari segala urusan membentuk hidup berkeluarga karena
kesibukan hidup berkeluarga membatasi kemungkinan mengungkapkan hadirat Allah
secara menyeluruh dan penuh. Mereka yang terpanggil menjadi biarawan atau
biarawati menyadari bahwa hidup berarti ….
|
|
A.
|
melayani dengan sungguh
sehingga Allah berkenan padanya
|
|
B.
|
mengarahkan diri untuk menjadi
orang yang suci hidupnya
|
|
C.
|
total dan berpasrah diri pada
pimpinan sebagai wakil Allah
|
|
D.
|
penyerahan diri secara mutlak
dan menyeluruh pada Allah
|
|
E.
|
mengosongkan diri agar dipenuhi
oleh cinta pada sesama
|
34.
|
Kerja adalah usaha untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat, menjalin kerjasama dengan banyak orang dan mendapatkan
tempat dalam masyarakat. Pernyataan ini merujuk pada arti kerja dilihat dari
sudut pandang sosial. Berikut penerapannya yang benar dalam kehidupan
sehari-hari ….
|
|
A.
|
Pak
Soni bekerja sekuat tenaga agar dapat membeli sesuatu yang diinginkannya
|
|
B.
|
Pak
Salam selalu bekerja dengan rajin dan berelasi sangat baik di tempat kerjanya
|
|
C.
|
Pak
Alfa bekerja dengan giat agar mendapat pujian dari teman kerjanya
|
|
D.
|
Pak
Broto bekerja dengan semangat karena memenuhi aturan yang ada di kantornya
|
|
E.
|
Pak Santo bekerja dengan semangat agar mendapat
kepercayaan pimpinan
|
35.
|
Alasan
setiap orang Katolik perlu berdoa sebelum dan sesudah bekerja adalah ….
|
|
A.
|
supaya
dapat bekerja dengan baik dan tepat waktu
|
|
B.
|
mendapatkan
hasil dan keuntungan sebanyak-banyaknya
|
|
C.
|
mengalihkan
seluruh resiko dalam bekerja kepada Allah
|
|
D.
|
bersyukur
kepada Allah dan mohon berkat penyertaan-Nya
|
|
E.
|
mengekspresikan diri sebagai mitra kerja Allah
|
36.
|
Bila kita menyadari bahwa kita adalah pribadi yang beriman Katolik maka
kita akan selalu memaknai hidup kristiani dalam setiap aktivitas. Pernyataan
berikut yang tidak mencerminkan sikap hidup iman Kristiani
adalah...
|
|
A.
|
Berdoa sebelum beraktivitas
|
|
B.
|
Memberikan motivasi pada teman yang patah semangat
|
|
C.
|
Mengutamakan kejujuran dalam setiap prilaku
|
|
D.
|
Selalu berfikir negatif terhadap orang lain
|
|
E.
|
Meminta maaf jika melakukan kesalahan dan memperbaiki diri
|
37.
|
Tertulis dalam
Injil Matius 19: 12 sebagai berikut:
“Ada orang yang
tidak dapat kawin karena ia memang lahir demikian … dan ada orang yang
membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri oleh karena Kerajaan Surga.”
Cara hidup yang
demikian dalam Gereja Katolik disebut hidup selibat. Pria atau wanita yang
memilih hidup selibat bisa memilih profesi sebagai…
|
|
A.
|
katekis dan koster
|
|
B.
|
misdinar dan bruder
|
|
C.
|
suster dan guru agama
|
|
D.
|
pastor dan prodiakon
|
|
E.
|
suster dan pastor
|
38.
|
Ada banyak agama
yang kita kenal, diantaranya ada Agama Katolik. Kekhasan Agama Katolik
misalnya…
|
|
A.
|
hanya
iman dan iman karena mendengar itu sudah menjamin keselamatan
|
|
B.
|
Hierarki dan iman yang
bersumber pada Kitab Suci dan Tradisi
|
|
C.
|
Kitab suci sebagai satu-satunya
sumber iman
|
|
D.
|
penyembahan kepada arwah nenek
moyang
|
|
E.
|
memakai
kalung salib dilehernya
|
39.
|
Perhatikan
daftar wujud-wujud sakramen ini:
1.
Sakramen Krisma
2.
Sakramen Tobat
3.
Sakramen Ekaristi
4.
Sakramen Minyak Suci
5.
Sakramen Baptis
6.
Sakramen Perkawinan
7.
Sakramen Imamat
|
|
Kelompok nomor
yang menunjukkan sakramen yang diakui baik oleh Gereja Katolik maupun
Gereja Kristen adalah yang bernomor...
|
||
A.
|
1, 3
|
|
B.
|
2, 5
|
|
C.
|
4, 7
|
|
D.
|
3, 5
|
|
E.
|
5, 6
|
40.
|
Salah
satu contoh dialog karya antara Gereja Katolik dan umat beragama lain yang
bisa dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
|
|
A.
|
melaksanakan
ibadah bersama dengan umat lain
|
|
B.
|
berdiskusi
tentang ajaran agama antar umat beragama
|
|
C.
|
bedah
buku keagamaan yang menjadi trending
topic
|
|
D.
|
kerja
bakti bersama-sama membersihkan tempat ibadah
|
|
E.
|
mengikuti
forum komunikasi antar umat beragama
|
Soal Essay
41.
|
Bacalah Pandangan Gereja tentang Suara Hati dalam Gaudium et Spes art. 16
berikut ini:
Di lubuk hati nuraninya, manusia menemukan hukum, yang tidak diterimanya
dari dirinya sendiri, melainkan harus ditaati. Suara hati itu selalu
menyerukan kepadanya untuk mencintai dan melaksanakan apa yang baik, dan menghindari
apa yang jahat. Bilamana perlu, suara itu menggemakan dalam lubuk hatinya:
jalankan ini, elakkan itu. Sebab dalam hatinya, manusia menemukan hukum yang
ditulis oleh Allah. Martabatnya ialah mematuhi hukum itu, dan menurut hukum
itu pula ia akan diadili. Suara hati ialah inti manusia yang paling rahasia,
sanggar suci; di situ ia seorang diri bersama Allah, yang pesan-Nya menggema
dalam hatinya. Berkat hati nurani dikenallah secara ajaib hukum, yang
dilaksanakan dalam cinta kasih terhadap Allah dan terhadap sesama. Atas
kesetiaan terhadap hati nurani, umat Kristiani bergabung dengan sesama
lainnya untuk mencari kebenaran, dan untuk dalam kebenaran itu memecahkan
sekian banyak persoalan moral, yang timbul baik dalam hidup perorangan maupun
dalam kehidupan kemasyarakatan.
Sebutkan dengan penjelasan 4 (empat) upaya manusia dalam membina suara hati?
|
42.
|
Perhatikan
gambar berikut ini:
|
Dari
gambar tersebut, sebutkan 4 (empat) contoh tindakan yang dapat dilakukan
untuk menghargai kehidupan?
|
|
43.
|
Salah
satu makna kerja adalah bahwa dengan bekerja, seseorang merasa dirinya
berharga di tengah keluarga.
Berilah
sebuah contoh dalam kisah sehari-hari tentang seseorang yang merasa dirinya
berharga di tengah keluarga dan masyarakat karena ia telah bekerja!
|
44.
|
Sebutkan
dan jelaskan bentuk-bentuk dialog yang dapat dilakukan Gereja Katolik dengan
Gereja Kristen Protestan!
|
45.
|
Jelaskan
pandangan Gereja Katolik terhadap Agama asli dan aliran Kepercayaan
|
---0c0---
kunci jawabannya mana ?
BalasHapusdimanakah kunci jawabannya?
BalasHapussaya butuh kunci jawaban
makasih
Mana kunci jawabannya kaka. Makasi
BalasHapusKalo bisa tolong di share jawabanx...tks
BalasHapusKunci jawaban nya mna???
BalasHapusDimna kunci jawaban??
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNggak ada pum jawapan nyah
BalasHapusJawabannya tidak ada
BalasHapusTolong kasi tau jawabannya
BalasHapusMana kunci jawabanx KL bisa d share juga
BalasHapusTrimakasih kk buat contoh soal ujian nya...
BalasHapusmakasih kk contoh soalnya
BalasHapus